Apakah Anda termasuk salah satu penggemar tanaman aglaonema? Tanaman yang memiliki lebih dari 10 jenis ini memang indah untuk dilihat dan cocok untuk dijadikan salah satu penghias rumah Anda. Namun seperti apa sebenarnya tanaman hias rumahan yang satu ini? Apakah cara merawat tanaman aglaonema ini sulit?

Bagi yang belum familiar dengan tanaman yang satu ini, bisa saja Anda sudah sering melihatnya. Namun masih belum paham bahwa tanaman hias yang daunnya berwarna merah lipstik ini merupakan aglaonema. Mari simak informasi seputar tanaman hias yang satu ini untuk mengenalnya lebih jauh.

Tanaman Sri Rezeki

Tanaman aglaonema ini disebut juga dengan tanaman sri rezeki atau chinese evergreen. Bagian paling indah dari tanaman ini justru daunnya. Padahal tanaman hias lainnya memilik daun yang hijau dan bunga yang berwarna sebagai bagian yang menonjol. Sri rezeki memiliki daun yang indah sebagai tanaman hias meskipun terdapat bunga.

Aglaonema merupakan sebutan genus tanaman ini sedangkan namanya yang paling sering digunakan adalah sri rezeki. Bahkan penjual tanaman bisa saja tidak mengetahui sebutan aglaonema. Tanaman ini berasal dari suku talas-talasan atau disebut juga Araceae.

Habitat asli tanaman ini adalah iklim hutan hujan tropis. Sehingga dapat tumbuh baik pada areal dengan intensitas penyinaran rendah dan kelembaban tinggi. Tanaman ini memiliki akar serabut serta batang yang tidak berkambium (berkayu). Daunnya menyirip serta memiliki pembuluh pengangkut berupa xilem dan floem yang tersusun secara acak yang merupakan ciri-ciri dari tanaman aglaonema.

Aglaonema, sumber Pikiran Rakyat
Aglaonema, sumber Pikiran Rakyat

Cara merawat tanaman aglaonema relatif mudah untuk dilakukan. Cukup dengan memberikan pupuk yang tepat, disamping memang banyak alternatif pupuk tanaman yang ditawarkan. Termasuk agar daunnya tetap tampak indah, perlu sesekali disemprot dan diusap menggunakan tissue agar guratan warna yang beraneka macam (tergantung jenis tanamannya) tampak mulai dari merah, pink, oranye dan putih.

Karena pertumbuhannya mudah, tanaman ini dapat diperbanyak. Namun cara memperbanyak tanaman aglaonema ini hanya ada dua cara yaitu dengan menggunakan anakannya dan dengan melakukan stek batang tanaman. Ketahuilah cara memperbanyaknya, kemudian baru mencoba agar Anda tidak langsung gagal.

Sedangkan media tanaman aglaonema juga bukan hanya sekedar tanah yang subur saja. Terdapat media tanam lainnya yang menjadi alternatif yaitu sabut kelapa. Dengan menggunakan sabut kelapa tanaman sri rezeki ini dapat terlindungi dari penyakit. Oleh karena sabut kelapa mengandung mikroorganisme khusus untuk mencegahnya. Selain itu sabut kelapa juga dapat menyimpan air sehingga dapat mencegah tanaman kekeringan dalam waktu tertentu.

Jenis Tanaman

Sebenarnya terdapat hingga 30 genus tanaman aglaonema yang pernah ditemukan. Namun jenis tanaman sri rezeki ini paling tidak terdapat hingga 10 yang sering ditemui di berbagai tempat. Apa saja jenisnya?

Claudia

Jenis aglaonema claudia ini bisa dikatakan yang termahal diantara jenis lainnya. Hal yang membuat jenis ini paling mahal adalah corak daunnya serta warnanya yang menarik. Jenis yang satu ini bisa dibanderol dengan harga Rp. 135.000 di berbagai pasar tanaman.

Permukaan daun jenis claudia ini berwarna hijau pucat atau hijau kekuning-kuningan. Struktur daunnya rapi dan tersebar rata, komposisi letaknya juga sangat teratur. Jenis ini berasal dari negara Thailand. Di negara asalnya jenis yang satu ini sering diletakkan di jendela rumah.

Gambar Tanaman Aglaonema Claudia, sumber CNBC
Gambar Tanaman Aglaonema Claudia, sumber CNBC

Widuri

Jenis widuri merupakan yang paling sering ditemukan di pasar tanaman. Bagi Anda yang ingin memiliki jenis ini, harganya cukup murah yaitu dibanderol di kisaran Rp. 75.000 saja. Apa keunikan jenis yang satu ini?

Berbeda dengan jenis sebelumnya yang berwarna pucat, jenis widuri memiliki tulang daun berwarna merah menyala. Helaian daunnya kekuningan karena bercak hijaunya sedikit. Terdapat spot hijau yang lebar-lebar dan didominasi dengan warna pink. Selain itu, bentuk daunnyapun oval sedangkan permukaannya agak cekung.

Cinta

Jenis aglaonema cinta termasuk jenis yang paling favorit. Warna daunnya ditandai dengan kombinasi warna hijau, kuning, oren, dan pink yang serba ornamental. Tanaman aglonema cinta ini pun identik dengan ungkapan kasih sayang atau tanda cinta kasih.

Aglaonema jenis ini sangat tahan terhadap suhu ruangan dan dapat dengan mudah ditanam sendiri. Jenis yang satu ini memiliki kisaran harga sekitar Rp100 ribu di pasaran.

Bidadari

Jenis yang dinamakan bidadari ini memiliki ciri warna kuning, jingga, pink, dan hijau disertai tangkai penopang berwarna merah muda dan pada ujungnya tumbuh bercak-bercak hijau. Begitu beraneka ragamnya sehingga mungkin inilah asal mula julukan jenis yang satu ini. Anda bisa mendapatkannya pada kisaran harga Rp. 100.000.

Gambar Tanaman Aglaonema Lipstik, sumber maxresdefault
Gambar Tanaman Aglaonema Lipstik, sumber maxresdefault

Pride of Sumatera

Jenis tanaman sri rezeki yang disebut dengan sebutan pride of sumatera ini disinyalir sebagai awal mula jenis aglaonema yang berwarna merah. Awalnya tanaman ini memang berdaun hijau sebagaimana tanaman biasanya, namun bentuk daunnya memang indah. Anda dapat membelinya pada kisaran harga Rp. 95.000.

Moonlight

Jenis moonlight memiliki tampilan yang sangat ideal dengan bentuk daun yang membulat serta cekung layaknya sebuah mangkuk. Coraknya pun tegas dengan tulang daun berwarna merah. Anda bisa membeli jenis ini dengan kisaran harga Rp. 100.000.

Adelia

Jenis adelia merupakan jenis yang memiliki ciri khas berwarna merah lainnya. Namanya diambil dari seorang kolektor tanaman hias di Manila bernama Adelia Angeles. Bentuknya memiliki daun berujung runcing dengan warna merah yang menyala. Harganya berkisar Rp 60.000 di pasaran.

Lipstik

Jenis yang satu ini dinamai lipstik karena pinggir daunnya berwarna merah lisptik. Corak ini juga menarik karena biasanya daun tanaman sri rezeki ini memiliki pinggiran yang hijau sedangkan warnanya berada di tulang daun. Harganya juga sangat murah yaitu Rp. 25.000 rupiah saja.

Itu dia berbagai jenis tanaman sri rezeki atau chinese evergreen yang menarik dan indah. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Anda. Simak berbagai ulasan lainnya seputar pertanian di website PT. Mentari Niaga Utama.