Dibandingkan manusia dan hewan, ternyata tanaman memiliki usia yang sangat panjang sekali. Hal ini terbukti dari keberadaan pohon tertua di dunia yang umurnya bisa mencapai hampir 10.000 tahun. Antara manusia apalagi hewan, tentu saja tidak ada yang dapat mencapai umur setua ini.

Ternyata cuaca ekstrem, gangguan lingkungan bahkan bencana alam kadang tidak mampu sampai menghancurkan tanaman. Buktinya ada pohon yang hidupnya bisa mencapai ribuan tahun. Apa saja pohon yang termasuk sebagai pohon tertua di dunia? Simak ulasan berikut ini.

Old Tjikko, sumber Amazing Zone
Old Tjikko, sumber Amazing Zone

Pohon Tertua

Bicara pohon tertua, ternyata inilah alasan kenapa peristiwa masa lampau disebut menggunakan kata sejarah. Sejarah merupakan kata bahasa arab yang maknanya pohon. Oleh karena pohon dapat bertahan hingga umur yang panjang sekali mencapai ribuan tahun. Berbagai peristiwa masa lampau dapat diketahui dari keberadaan pohon sebagai salah satu jejak peninggalannya. Simak informasi seputar pohon tertua di dunia berikut ini.

1. Old Tjikko

Old Tjikko diperkirakan setidaknya berumur 9.550 tahun, sehingga diketahui sebagai pohon individu kloning vegetatif tertua di dunia. Pohon ini tumbuh setinggi 5 meter (16 kaki) dan terletak di Gunung Fulufjället provinsi Dalarna, Swedia. Meskipun disebut tertua, ternyata ada banyak contoh koloni klonal jauh lebih tua dengan ciri khas akar yang sama.

The Sisters, sumber Green Prophet
The Sisters, sumber Green Prophet

2. The Sisters

Lebih lengkap seputar sebutannya, namanya adalah The Sisters Olive Trees of Noah. Yaitu pohon zaitun namun tidak hanya sebuah pohon saja, namun merupakan sekumpulan pohon zaitun yang berjumlah 16 pohon. Pohon ini juga diyakini sebagai pohon tertua yang tumbuh di Lebanon.

Sedangkan nama Noah dikaitkan dengan peristiwa Nabi Nuh. Pohon ini dipercaya sebagai batang kayu yang digunakan untuk membuat kapal Nabi Nuh dalam menghadapi banjir besar. Usianya diperkirakan sekitar 5.000 hingga 6.000 tahun.

Methuselah, sumber The Guardian
Methuselah, sumber The Guardian

3. Methuselah

Methuselah sebenarnya bukanlah nama jenis pohonnya. Pohon yang juga merupakan pohon tertua karena berumur 5.000-an tahun ini merupakan pohon pinus bristlecone. Nama Methuselah merupakan nama seseorang yang terdapat di Alkitab yang diberikan sebagai nama pohon dengan nama latin pinus longeava ini. Tokoh Alkitab bernama Methusalah merupakan anak dari Henoch dan kakek Nuh.

4. Llangernyw Yew

Melalui keberadaan sertifikat yang dibuat oleh David Bellamy, botanis asal Inggris, diketahui bahwa Llangernyw Yew merupakan salah satu pohon tertua yang ada di dunia. Umur Llangernyw Yew berkisar di angka 4.000 hingga 5.000 tahun. Berdasarkan mitos setempat pohon Taxus baccata itu terasosiasi dengan mitologi Welsh. Pohon ini berada di pekarangan gereja dan menurut cerita lokal menjadi tempat roh kuno bernama “Angelystor”.

Llangernyw Yew, sumber Alchetron
Llangernyw Yew, sumber Alchetron

5. Sarv-e Abarkuh

Pohon Sarv-e Abarkuh dipercaya telah tumbuh sejak zaman perunggu dan saat ini telah berusia 4.000 hingga 5.000 tahun. Dengan tinggi mencapai 25 dan lebar 18 meter, pohon ini terlihat rindang dibanding pohon lainnya. Legenda setempat percaya, bahwa pohon ini ditanam oleh penganut Zoroaster pada 2000 SM. Pohon ini tumbuh di Yazd, Iran.

Sarv-e Abarkuh, sumber Pinterest
Sarv-e Abarkuh, sumber Pinterest

6. El-Gran Abuelo

Pohon El-Gran Abuelo dipercaya telah berusia sekitar 3.500 tahun. Dalam bahasa Spanyol, El-Gran Abuelo berarti Kakek Tertua. Pohon ini tumbuh lebih dari 60 m tinggi (196 ft) dengan diameter 4 m (13 ft) dan perimeter 11 m (36 ft). Lokasi tumbuhnya yaitu Taman Nasional Cobtero di Chili, Amerika Selatan.

Gran Abuelo, sumber Obsession News
Gran Abuelo, sumber Obsession News

7. The President

Usia pohon The President telah mencapai 3.200 tahun dan tumbuh di Taman Nasional Sequoia. Pohon yang tumbuh mencapai ketinggian 75 meter dan lebar batang 8,2 meter ini menjadi pohon terbesar kedua di Amerika Serikat.

8. Jaya Sri Maha Bodhi

Pohon ini diperkirakan ditanam pada 288 SM dan saat ini telah berumur lebih dari 2.300 tahun. Jaya Sri Maha Bodhi adalah pohon beringin sakral yang terdapat di Anuradhapura, Sri Lanka. Pohon itu ditanam di daerah tinggi sekitar 6.5 m (21.3 kaki) di atas tanah dan dikelilingi oleh pagar. Saat ini merupakan salah satu relik yang paling sakral dari umat Buddha di Sri Lanka serta dihormati oleh umat Buddha di seluruh dunia.

The President, sumber Roadtrippers
The President, sumber Roadtrippers

9. Hundred Horse Chestnut

Usia pohon Hundred Horse Chestnut diperkirakan berumur 2.000 hingga 3.000 tahun. Pohon ini tumbuh di Gunung Etna, Sisilia, Italia. Dilihat dari namanya, ternyata menarik karena melambangkan sebuah peristiwa. Konon katanya ada 100 pasukan berkuda yang berlindung di bawah pohon ini saat badai petir menyerang. Mereka semua dalam keadaan selamat setelahnya.

Jaya Sri Maha Bodhi, sumber Pinterest
Jaya Sri Maha Bodhi, sumber Pinterest

10. Jomon Sugi

Pohon Jomon Sugi pertama kali ditemukan pada 1968 dan dipercaya telah berusia antara 2.000 hingga 7.000 tahun. Untuk menyaksikan pohon tua ini, wisatawan perlu mendaki puncak tertinggi di Pulau Yakushima, pada ketinggian 4.300 kaki di atas permukaan laut. Merupakan hal yang luar biasa bahwa pohon ini dapat bertahan begitu lama pada lokasi tumbuh yang ekstrem tersebut.

Hundred Horse Chestnut, sumber Italy Magazine
Hundred Horse Chestnut, sumber Italy Magazine

Jomon Sugi adalah nama satu pohon Cryptomeria yang juga dikenal sebagai pinus sugi Jepang atau chedar merah Jepang yang merupakan tumbuhan endemik. Keunikannya membuat pohon ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Itu dia berbagai pohon tertua yang umurnya bahkan bisa mencapa 10.000-an tahun. Apa ya kira-kira pupuk atau asupan tanaman tambahan yang dapat membuat mereka bertahan? Atau malah tidak diperlukan pupuk sama sekali? Menarik untuk mengetahuinya.

Jomon Sugi, sumber Dictio Community
Jomon Sugi, sumber Dictio Community

Semoga ulasan ini dapat memberikan informasi tambahan yang menarik untuk Anda. Simak berbagai artikel lainnya seputar tanaman, pupuk serta peternakan di halaman Mentari Niaga Utama.