Pupuk merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan oleh media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukannya. Jadi tanaman bisa menghasilkan panen yang berkualitas dengan baik. Namun adanya pupuk palsu yang mulai beredar di pasaran membuat petani perlu mewaspadainya.

Pasalnya apabila Anda salah memilih pupuk, maka hasil panen akan merosot. Selain itu kualitasnya juga ikut mengalami penurunan. Jika tidak ditangani dengan serius, masalah ini akan merugikan banyak orang.

Bukan hanya petani saja, namun perusahaan yang memproduksi pupuk asli, masyarakat, dan pihak lainnya juga ikut merasa dirugikan dengan adanya pupuk tiruan tersebut. Mengapa Anda perlu waspada dengan keberadaan pupuk palsu ini?

Pasalnya pupuk abal-abal tersebut menyerupai merk pupuk ternama yang sudah sering digunakan oleh banyak orang untuk membantu menutrisi tanamannya. Berikut beberapa merk pupuk palsu yang kami lansir dari berbagai sumber, diantaranya:

  • Pupuk Phonska
  • Pupuk SP36
  • Pupuk Urea
  • dan berbagai merk pupuk tiruan lainnya.
Waspadai keberadaan pupuk palsu, Sumber: suryaradio.com
Waspadai keberadaan pupuk palsu, Sumber: suryaradio.com

Umumnya pupuk tiruan tersebut akan dijual lebih murah dari harga yang ditawarkan di pasaran. Jadi sekali lagi kami ingatkan untuk Anda berhati-hati ketika memilih pupuk. Jangan mudah goyah dan tergiur hanya karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah.

Karena nantinya Anda sendiri yang akan merasakan kerugiannya jika ternyata pupuk murah yang Anda beli merupakan produk tiruan alias abal-abal.

Mengintip Manfaat Penggunaan Pupuk

Apabila Anda mengetahui manfaat pupuk, maka Anda akan lebih waspada dalam pemilihan pupuk. Karena jika semakin banyak produk tiruan di luar sana yang beredar, maka akan semakin sulit Anda mempertahankan kualitas dari tanaman tersebut. Selain membuat tanaman subur, ada berbagai manfaat lain dari pupuk seperti berikut ini.

1. Terhindar dari Hama dan Penyakit

Pupuk bermanfaat untuk membuat tanaman terhindar dari serangan hama maupun berbagai penyakit. Ketika tanaman diberi pupuk, maka kekebalan tubuhnya akan meningkat. Sehingga tanaman yang Anda tanam menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit ataupun hama.

Kalium yang terdapat pada pupuk akan membuat tanaman tumbuh segar. Warna yang dihasilkannya juga tampak cantik. Itulah mengapa sayuran yang masih segar dan sangat baik dikonsumsi ditandai dengan warnanya yang masih cantik.

2. Mempermudah Penyerapan Air

Pemberian pupuk yang tepat dapat membantu memudahkan tanaman memproses penyerapan air. Tanaman memerlukan salah satu unsur hara makro yang dibutuhkan oleh tanah. Unsur tersebut terkandung di dalam pupuk yang merupakan bagian dari kalium.

Jadi jangan heran ketika berbagai tanaman yang Anda tanam tumbuh subur dengan bantuan penyiraman rutin dan juga pemberian pupuk. Anda hanya perlu menyesuaikan jenis pupuk yang digunakan dengan tanaman yang Anda tanam.

3. Meningkatkan Hasil Produksi

Pupuk juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan dan mempercepat hasil produksi tanaman. Apalagi jika mata pencaharian Anda berkaitan dengan tanaman, maka penggunaan pupuk ini akan sangat membantu. Penggunaan pupuk yang tepat bisa membantu tanaman tumbuh subur dan lebat dengan jangka waktu yang relatif cepat.

Pupuk sangat penting untuk tanaman, Sumber: news.detik.com
Pupuk sangat penting untuk tanaman, Sumber: news.detik.com

4. Memanipulasi Tanah

Apakah Anda pernah menjumpai lahan yang sudah tercemar dan membuat lahan tersebut tidak bisa ditumbuhi tanaman? Efek kerusakan lingkungan memang membawa dampak buruk bagi ekosistem, termasuk tanah. Ketika kandungan tanah sudah tidak baik, maka tidak heran jika area tersebut tidak ditumbuhi tanaman.

Dengan adanya masalah tersebut, penggunaan pupuk lah yang dimanfaatkan untuk mengatasinya. Penggunaan pupuk yang baik dapat memanipulasi unsur hara di dalamnya menjadi berfungsi. Sehingga area di sekitar tanaman tersebut menjadi baik dan membantu pertumbuhan tanaman secara maksimal. Alhasil Anda juga akan dapat hasil yang lebih optimal.

Inilah Ciri-Ciri Pupuk yang Asli

Supaya Anda tidak terkecoh dengan produk pupuk tiruan yang menyerupai dengan yang asli, Anda perlu mengetahui ciri dari pupuk asli. Meskipun pupuk palsu terlihat sama persis, namun kedua produk tersebut berbeda. Untuk menghindari Anda memilih produk pupuk tiruan, berikut ciri-ciri dari pupuk yang asli.

1. Lihatlah Bagian Kemasannya

Teliti sebelum membeli merupakan hal yang wajib Anda tekankan. Apalagi Anda petani yang bertanggung jawab dengan kualitas hasil panen. Anda tidak mau rugi bukan? Jadi pastikan Anda melihat dengan teliti bagian kemasan pupuk.

Pada kemasan karung pupuk akan mencantumkan berbagai keterangan mengenai pupuk tersebut. Misalnya saja seperti keterangan merk terdaftar, masa edar, alamat produsen, bag code (kode kantong) di bagian belakang dan juga logo SNI dengan keterangan berat.

Untuk kemasan pupuk asli, tulisan tersebut akan tercetak rapi dan bagus. Berbeda dengan yang tiruan, bagian keterangan tersebut terkesan asal-asalan jadi tidak rapi dan sebagus dengan keterangan pada kemasan pupuk asli. Selain itu, pada kemasan pupuk subsidi juga akan ada tulisan “Pupuk Bersubsidi Pemerintah, Barang dalam Pengawasan”.

2. Terdapat Keterangan Kandungan Pupuk

Pada kemasan pupuk asli juga tidak luput dari keterangan mengenai kandungan yang terdapat pada pupuk. Kandungan-kandungan tersebut diantaranya meliputi 46% nitrogen untuk produk urea, 15-15-15 untuk NPK Phonska, 36% fosfat, dan 5% sulfur untuk SP36.

Lebih teliti sebelum membeli pupuk, Sumber: m.lampost.co
Lebih teliti sebelum membeli pupuk, Sumber: m.lampost.co

3. Perhatikan Ciri Fisik Pupuk

Ketika membeli pupuk, Anda juga perlu memperhatikan ciri fisik dari pupuk tersebut. Misalnya saja pada pupuk Urea fisiknya berwarna merah muda (pink), kemudian untuk pupuk ZA berwarna orange, lalu untuk pupuk NPK Phonska berwarna pink kecoklatan.

Kemudian untuk pupuk SP-36 berwarna abu-abu, dan untuk pupuk organik Petroganik berwarna coklat. Anda perlu memperhatikan ciri fisik pupuk tersebut untuk mempermudah membedakan mana yang pupuk palsu dan mana yang pupuk asli.

4. Beli di Toko Resmi

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa peredaran pupuk palsu dijual dengan harga yang lebih murah dari pupuk asli. Itulah sebabnya keberadaan pupuk tiruan ini tidak mungkin ada di toko resmi. Jadi jangan sekali-kali tergiur dengan harga murah yang ditawarkan.

Untuk mengantisipasi Anda salah membeli produk tiruan. Sebaiknya Anda membelinya di toko resmi yang memang menjual pupuk dari distributornya langsung. Toko resmi tersebut telah diawasi secara ketat oleh produsen pupuk, sehingga meminimalisir produk tiruan masuk.

Petani Harus Hati-Hati Saat Memilih Pupuk

Beberapa daftar pupuk palsu yang kami sampaikan tadi hingga saat ini masih beredar bebas di pasaran. Oleh sebab itu Anda perlu berhati-hati saat memilih pupuk supaya terhindar dari yang abal-abal.

Apabila Anda salah memilih pupuk, maka bukan untung yang akan Anda dapatkan. Sebaliknya, kerugian yang cukup besar bisa saja terjadi ketika keliru dalam memilih pupuk.

Supaya terhindar dari risiko salah memilih pupuk, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan pupuk Bioneensis. Pupuk Bioneensis ini merupakan salah satu jenis produk pupuk hayati (biofertilizer) dari PT. Mentari Niaga Utama.

Tingkatkan hasil panen yang berkualitas dengan pupuk Bioneensis, Sumber: tribratanewsjogja.com
Tingkatkan hasil panen yang berkualitas dengan pupuk Bioneensis, Sumber: tribratanewsjogja.com

Di dalam kandungan pupuk ini terdapat konsorsium mikroba bermanfaat yang diisolasi dari perakaran kelapa sawit dan memiliki daya adaptasi serta asosiasi yang tinggi pada berbagai komoditas. Misalnya saja seperti tanaman, tanaman pangan, sayuran, perkebunan, hingga hortikultura.

Bukan hanya itu saja pupuk Bioneensis juga mengandung bakteri penambat nitrogen, bakteri pelarut fosfat, dan bakteri penghasil Indole Acetic Acid (IAA). Kandungan tersebut memiliki peran sebagai Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR).

Untuk mendapatkan pupuk hayati Bioneensis pun bisa Anda dapatkan dengan mudah. Kami telah suplai pupuk Bioneensis ini ke toko-toko perkebunan di sekitar Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai pupuk palsu yang beredar di masyarakat.

Sekarang Anda sudah bisa beralih menggunakan pupuk hayati Bioneensis untuk meningkatkan hasil panen dengan produktivitas yang berkualitas.